Keutamaan Menuntut Ilmu

1 min read

keutamaan menuntut ilmu

Menuntut ilmu adalah salah satu bagian dari kehidupan kita yang sangat penting untuk dilakukan karena dengan menuntut ilmu kita akan bisa menerima pengetahuan pengetahuan yang belum klita ketahui.

Rosulullah SAW.,bersabda :

“Keutamaan perbuatan yang dilakukan di atas bumi itu ada tiga macam ; Mencari ilmu, Jihad, Usaha atau Mencari nafkah”.

Orang yang mencari ilmu adalah kekasih allah dan orang yang berperang adalah pilihan allah dan orang yang mencari nafkah adalah sahabat allah.

Dari Abu Darda r.a berkata Rosulullah SAW.,bersabda :

“Sesungguhnya orang yang membahas satu ilmu itu lebih dicintai dari pada mendirikan shalat malam”.

Hukum Menuntut Ilmu

Hukum dari menuntut ilmu yaitu fardu ‘ain, karena setiap manusia pastinya butuh terhadap ilmu baik itu ilmu pengetahuan ataupun ilmu agama. Bahkan Allah SWT memerintahkan kita agar menuntut ilmu dari buaian sampai masuk liang lahat.

Dalam menuntut ilmu kita juga harus mempunyai guru atau ‘ulama sebagai orang yang memberikan ilmu tersebut. Karena Ulama adalah warisan para nabi dan para nabi tidak mewariskan dirham dan dinar, melainkan mereka mewariskan ilmu. Maka ikutlah ambil bagian menjadi penuntut ilmu.

Keutamaan Menuntut Ilmu

Pernah datang ke sahabat rosulullah SAW yaitu Abu Darda, Orang itu bertanya ke Abu Darda “sampaikan kepadaku satu hadist”.. Abu Darda menjawab Aku telah mendengar Rosulullah SAW., bersabda :

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka allah akan mempermudah jalan baginya menuju surga, Sesungguhnya malaikat melebarkan sayapnya kepada orang yang mencari ilmu dengan keriodhoan”.

Adapun kepada orang yang berilmu akan memintakan ampunan kepadanya makhluk yang ada di langit dan di bumi dan ikan ikan yang ada di laut, karena perumpamaan orang yang berilmu dan orang yang beribadah bagaikan bulan purnama dibandingkan bintang bintang.

Rosulullah SAW.,bersabda :

“Barang siapa yang menyukai melihat pembebasan allah dari neraka maka lihatlah orang yang mencari ilmu (muta’alimin) karena Rosul sudah menjanjikannya”.

Rosulullah SAW.,bersabda :

“Barang siapa yang mencari ilmu bukan karena allah ta’ala maka ia tidak akan keluar dari dunia (meninggal) sehingga akan menuntun kepadanya ilmu, maka akan berubah menjadi karena allah.

Dan barang siapa yang mencari ilmu karena allah maka orang itu seperti orang yang sedang berpuasa di waktu siangnya dan seperti orang yang mendirikan shalat di waktu malam hari”.

Karena sesungguhnya seseorang yang belajar suatu ilmu itu lebih baik dari pada memberikan emas yang banyaknya gunung di jalan allah.

Maka beruntunglah bagi santri yang sedang menuntut ilmu di pesantren atau pun di madrasah.

Di kisahkan dari Ibnu Mubarrok

pernah ada seseorang yang sedang menulis ilmu lalu dia meninggal maka Ibnu Mubarok berdo’a semoga dengan satu kalimah dari ilmu bisa bermanfaat bagi dirinya.

Dari Mu’adz Bin Jabal Bahwa Rosulullah SAW.,bersabda :

“Ajarkanlah ilmu, karena mengajarkan ilmu adalah kebaikan, dan mencari ilmu adalah ibadah dan mengulang pelajaran adalah tasbih sedangkan membahas ilmu adalah jihad dan mengajarkan ilmu kepada orang yang belum tahu adalah sodakoh”.